/Mengurangi Pengangguran, BLK Banda Aceh Sosialisasi SDC di Abdya

Mengurangi Pengangguran, BLK Banda Aceh Sosialisasi SDC di Abdya

Setalah sukses menerapkan program pilot project Skill Development Center (SDC), di Kabupaten Aceh Tamiang, melalui Mobile Training Unit (MTU), Kamis (21/11/2019) siang, Balai Latihan Kerja (BLK) Banda Aceh, mulai menyosialisasi program tersebut di Aceh Barat Daya (Abdya).

Kegiatan yang dilaksanakan bersama Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Tenaga Kerja dan Transmigrasi (DPM-PTSP dan Trans) Abdya itu dipusatkan di Aula Tengku Dikila, Bappeda Abdya.

Kegiatan sosialisasi SDC yang diikuti puluhan peserta dari SKPK, akademisi, serikat pekerja, pengusaha, unsur pesantren serta keuchik se-Kabupaten Abdya tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintah Setdakab Abdya, Amrizal SSos, mewakili Bupati Abdya.

“Kami mengapresiasi dibentuknya SDC di Provinsi Aceh. Kami harapkan dengan hadirnya SDC di daerah kami ini dapat mengatasi persoalan ketenagakerjaan secara terpadu dan efektif, sehingga angka pengangguran dapat kita tekan,” sebut Amrizal.

Ia menerangkan angkat pengangguran yang terus bertambah setiap tahunnya, salah satu penyebabnya tingkat kelulusan dari pendidikan formal terus bertambah, mulai SMA hingga perguruan tinggi.

Hal tersebut, lanjutnya akibat minimnya peluang kerja yang mampu menampung pencari kerja tersebut, sehingga membuat penyerapan tenaga kerja menjadi terbatas.

Menyikapi kondisi itu, pemerintah dituntut kreatif dan mencari formula dalam melahirkan program-program berbasis ekonomi, life skill yang bertujuan untuk menekan angka pengangguran, sesuai ilmu serta keahlian yang dikuasai para calon tenaga kerja.

Ia pun menerangkan persoalan ketenagakerjaan, merupakan permasalahan yang cukup kompleks dan kondisi tersebut dialami hampir semua daerah di Provinsi Aceh khususnya serta provinsi-provinsi lainnya di Indonesia.

Namun, di sisi lain, di samping lapangan kerja terbatas, minimnya keterampilan para pencari kerja terhadap kebutuhan pasar kerja, juga menjadi persoalan lainnya. Karena itu, hadirnya pelatihan SDC tersebut untuk menjawab semua permasalahan tersebut.

Ia pun menilai sosialisasi SDC tersebut sangat bermanfaat dan bisa menjadi pilot project untuk diterapkan di Kabupaten Abdya dalam rangka mengurangi angka penganguran.

“Kami berharap bisa terus bersinergi, sejalan, sehingga apa yang ingin kita wujudkan, yakni membangun SDM maju dan unggul di Abdya dapat segera terwujud,” pungkas Asisten Pemerintah Setdakab Abdya, Amrizal SSos.

Sementara Kepala DPM-PTSP dan Trans Abdya, Ir Muslim Hasan, menjelaskan kegiatan itu terlaksana berkat kerja sama dengan BLK Banda Aceh yang melibatkan 50 peserta dari berbagai elemen pemerintahan dan swasta.

Ia pun menaruh harapan dari sosialisasi SDC tersebut dapat memberikan wawasan serta pengetahuan dalam upaya penanganan ketenagakerjaan, sehingga mampu mengurangi pengangguran di Abdya khususnya.

Pelatihan SDC di Abdya tersebut ikut menghadirkan Kepala Seksi Program BLK Banda Aceh, Ir Susanto yang memaparkan secara luas tentang tujuan pelatihan SDC tersebut dilaksanakan.

Di samping untuk meningkatkan serta mengembangkan potensi kerja sesuai keahlian tertentu dengan kualifikasi yang telah diidentifikasi sesuai by name by address, tujuan pelatihan SDC tersebut juga dalam rangka memberikan pembekalan kepada calon tenaga kerja untuk memasuki pasar kerja sesuai dengan peminatan serta kebutuhan pasar kerja, sebut Santo mewakili Kepala BLK Banda Aceh, Teguh Sulistiyo SE MSi.

Akhir sosialisasi SDC tersebut selanjutnya dilakukan penandatanganan komitmen bersama semua unsur mulai pemerintah, akademisi, pengusaha, serta para pihak yang hadir dalam rangka mewududkan percepatan dan implementasi SCD di Abdya.

Ikut hadir pada sosialisasi SDC tersebut Wakil Ketua DPRK Abdya, Hendra Fadli serta para tamu undangan lainnya.
sumber: aceh.tribunnews.com