/Masuk Kerja Perdana, Lakukan 5 Hal Ini Biar Nggak Kikuk di Kantor Baru

Masuk Kerja Perdana, Lakukan 5 Hal Ini Biar Nggak Kikuk di Kantor Baru

Setelah melewati hari-hari yang melelahkan mengirim surat lamaran kesana-kemari. Melewati malam-malam yang mendebarkan menanti panggilan. Menahan pedih karena keadaan dompetmu sudah mengkhawatirkan. Kebutuhan hidup semakin hari kian bertambah.

Akhirnyaa! Setelah perjuangan yang cukup panjang. Kamu menerima panggilan kerja dan diminta datang untuk menghadiri beberapa tes. Selamat! pada akhirnya kamu melewati setiap tes dengan baik dan berhasil diterima kerja sesuai dengan apa yang kamu inginkan selama ini.

Besok adalah hari pertamamu kerja! Yeay! kalau kamu merasa deg-degan itu hal wajar karena kamu akan menghadapi lingkungan baru, teman-teman baru, dan tentunya pekerjaan baru. Tips ini akan membantumu agar nggak kikuk dan mudah beradaptasi dengan lingkungan barumu.

1. Kamu harus tahu apa jobdesk-mu. Jadi pas hari pertama nggak tanya melulu Semangat kerja ya!
Semangat kerja ya! Sebagai karyawan baru, kamu harus bertanya pada atasnmu mengenai jobdesk-mu. Apa saja yang harus kamu lakukan nantinya ketika bekerja.

Tanyakan sedetail mungkin lalu kamu catat agar dihari pertamamu bekerja kamu langsung bisa menunaikan kewajibanmu tanpa bertanya lagi ke atasanmu. Biasanya si bos suka risih kalau ada yang terlalu sering bertanya dan susah pahamnya. Semangat!

2. Kamu harus tahu posisimu nanti akan bekerja dengan siapa saja Harus bisa bekerjasama ya.
Harus bisa bekerjasama. Selain jobdesk, kamu juga harus tahu posisimu nanti berhubungan dengan siapa saja. Agar ketika nanti kamu mulai bekerja kamu tahu dengan siapa harus bekerja sama dalam tim di tempat kerjamu.

3. Hari pertama jangan mengecewakan. Dan please, salah kostum ya! Harus tahu dresscodemu
Harus tahu dresscodemu. Jangan salah kostum! kamu harus menyiapkan pakaian kerja semalam sebelumnya agar ketika bangun pagi kamu nggak perlu repot-repot lagi nyiapin pakaian kerjamu.

Ingat baik-baik informasi yang sudah diberikan ketika kamu tes interview kerja. Pakaian seperti apa, warna apa, dan modelnya apa. Jangan salah kostum.

4. Akan sangat memalukan kalau dihari pertama kamu telat masuk kerja. So please on time! ontime itu tanda disiplin ontime itu tanda disiplin. Kamu bukan lagi pengangguran. Sekarang kamu sudah mendapatkan pekerjaan. Kamu memiliki tanggung jawab dan kewajiban yang harus kamu tunaikan dengan baik.

Jangan begadang agar kamu nggak kesiangan. Jika kamu tidur cukup kamu akan memiliki cukup energi untuk menghadapi tantangan apa saja di hari esok.

Begadang cuma akan membuatmu kehilangan energi secara sia-sia. Istirahatlah yang cukup siapkan tenaga untuk hari pertamamu. Berangkatlah lebih awal, jangan terlalu mepet dengan jam masuk kerja.

Kamu nggak bakal tahu di perjalanan akan ada peristiwa apa. Misalnya saja macet, kendaraanmu mogok, atau hujan sehingga memperlambat perjalananmu menuju ke tempat kerja.

Berangkat lebih awal akan memberikanmu kelonggaran jika ada hal-hal yang nggak kamu inginkan terjadi di perjalanan. Apapun itu, usahakan jangan sampe telat ya.

5. Sebagai karyawan baru kamu perlu ramah pada senior. Tapi jangan kelihatan sok akrab, yang wajar aja~
jangan lupa senyum jangan lupa senyum. Nah ini penting. Kamu berhadapan dengan lingkungan dan teman-teman yang baru kamu temui. Kamu belum tahu bagaimana karakter tiap orang di tempat barumu jadi sebagai karyawan baru kamu harus senyum, sapa, salam agar orang lain melihatmu sebagai pribadi yang ramah dan asik.

Ini yang akan membuatmu lebih luwes dan nggak kikuk. Tapi sewajarnya saja ya. Kalau nggak ada topik pembicaraan jangan memaksakan. Nanti malah kamu bikin ilfil. Berjuanglah untuk melakukan yang terbaik. Semoga hari-harimu selalu menyenangkan! Tetap semangat! (sumber hipwee.com)